Pesona Alam Pulau Samosir


Pulau Samosir merupakan sebuah pulau vulkanik yang terletak di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Jika kita bicara soal Pulau Samosir maka kita bisa membayangkan sebuah pulau yang terletak di dalam pulau, yang artinya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia bahkan di dunia.
Pulau Samosir terletak pada ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian mencapai 1.000 meter menjadikan pulau ini menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk memanjakan para wisatawan, di pulau ini disediakan beberapa fasilitas maupun tempat perkumpulan para wisatawan. Salah satunya tuktuk.
Tuktuk merupakan suatu tempat yang nyaman dan tenang dan sangat cocok  digunakan untuk bersantai dan melepaskan lelah. Selain tuktuk, di pulau ini juga terdapat Tomok dan Pangururan. Tomok merupakan sebuah dermaga kecil tempat keluar masuk kapal dari dan menuju Pulau Samosir. Sedangkan pangururan merupakan sebuah pemandian air hangat.

Tempat wisata yang ada di Pulau Samosir

  • Pemandian air hangat
  • Museum adat budaya Batak
  • Hotel dan penginapan
  • Tano Ponggol
  • Daratan yang menghubungkan Pulau Samosir dengan daratan Sumatera
  • Pusuk Buhit
  • Tempat asal mula suku Batak
  • Panggung batu dan masih banyak lainnya.

Sejarah terbentuknya Pulau Samosir

Secara teori, PulauSamosir terbentuk setelah terjadinya letusan supervulcano (gunung berapi super) sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Tim peneliti dari Michigan Technological University, yaitu Bill Rose dan Craig Chesner memperkirakan gunung berapi tersebut memuntahkan material vulkanik sekitar 2.800 km3. Kejadian tersebut menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies hewan. Selain itu, letusan gunung tersebut juga menyebabkan zaman es.
Setelah terjadinya letusan tersebut, maka terbentuklah sebuah cekungan yang kemudian terisi oleh air dan kemudian sekarang menjadi DanauToba. Sedangkan tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menjadi Pulau Samosir.
Pulau Samosir memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan pulau ini mempunyai pesona alam yang begitu menakjubkan dan sulit dijumpai di tempat lain di Indonesia bahkan di dunia.
Bagi anda yang sedang bingung merencanakan tempat sebagai tujuan wisata. Maka alangkah baiknya jika Anda memasukkan nama Pulau Samosir sebagai salah satu tempat tujuan wisata.

0 comments:

Post a Comment