Keindahan Alam Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia. Terletak di pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai Barat dan sekitar 130 km di selatan Padang. Gunung kerinci juga dikelilingi hutan lebat yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat. Di hutan ini merupakan habitat alami harimau Sumatera dan badak Sumatera.

Tampak dari kejauhan, gunung ini selalu dikelilingi kabut yang membuat pemandangan alamnya begitu mempesona bagi yang melihatnya. Pada puncak Gunung Kerinci di ketinggian 3.805 di atas permukaan laut, pengunjung dapat dengan leluasa melihat indahnya kota Jambi, Padang dan Bengkulu. Gunung ini juga memiliki kawah dengan luas 400 x 120 meter yang terisi air yang berwarna hijau.


Gunung Kerinci berbentuk kerucut dengan lebar 13 km dan 25 km yang memanjang dari utara ke selatan. Di gunung ini terdapat berbagai macam flora yaitu pohon mahoni, Suweg Raksasa dan bunga Raflessia. Selain itu, juga terdapat berbagai macam fauna di gunung ini, yaitu Sumatera seperti gajah, badak sumatera, macan tutul, beruang madu, harimau, kecuali orang utan. Terdapat pula berbagai primata seperti gibbon, siamang, Presbytis melapophos dan monyet ekor panjang. Serta juga terdapat 140 jenis burung.

Jika ingin berkunjung ke gunung Kerinci, kita bisa melaluinya dengan jalan darat dari Jambi menuju Sungaipenuh melalui Bangko. Selain itu, juga dapat kita tempuh dari Padang, Lubuk, Linggau, Bengkulu melalui pesawat terbang yang dapat menarat di Padang atau Jambi.

Gunung Kerinci juga sangat cocok digunakan sebagai tempat penelitian. Hal ini dikarenakan, di dataran rendah gunung ini terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna yang beraneka ragam. Pemandangan alam yang eksotik menjadikan para peneliti akan betah untuk terus berada di gunung ini.

Bagi Anda yang menyukai olahraga mendaki, di gunung kerinci juga disediakan rute-rute pendakian. Mulai dari pos Kresik Tuo, kita akan menuju pondok R10 kemudian kita menuju Pintu Rimba yang merupakan gerbang awal pendakian yang berada pada batas hutan antara ladang dengan hutan heterogen. Kemudian Kita akan menjumpai pos-pos berikutnya sebelum kita mencapai puncak gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 diatas permukaan laut.

0 comments:

Post a Comment