Menengok Sejarah di Balik Istana Maimun


Jika Anda sedang merencanakan jadwal liburan, maka anda bisa menempatkan Istana Maimun masuk dalam kategori pilihan utama. Mengapa demikian? Supaya Anda mengetahui secara lebih jelas, maka dalam artikel ini saya akan mengulas sedikit tentang Istana Maimun.

Istana Maimun sangat layak dijadikan tempat tujuan wisata. Hal ini dikarenakan, selain sudah tua, istana ini juga memiliki desain arsitektur yang unik yaitu perpaduan gaya Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. Dengan panjang 75,50 meter dan tinggi 14,14 meter menjadikan istana ini tampak begitu megah.

Sejarah berdirinya Istana Maimun

Istana Maimun dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Deli yaitu Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah dengan arsitek dari Italia. Luas istana ini adalah 2772 m2 dan memiliki 30 ruangan. Terletak di kelurahan Sukaraja, kecamatan Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara. Istana Maimun juga merupakan salah satu ikon kota Medan.

Istana Maimun memiliki sebagian besar didominasi warna kuning keemasan yang identik dengan etnis Melayu. Akan tetapi, pada bagian interiornya juga banyak terdapat berbagai macam perabotan bernuans Eropa. Hal ini dibuktikan dari desainnya yang bergaya Eropa yaitu simetris.

Dahulu Istana Maimun merupakan tempat tinggal keluarga kesultanan yang juga sebagai tempat binaan untuk para pelancong yang memilki kebudayaan Islam, Melayu, India dan Spanyol. Sekarang ini Istana Maimun menjadi warisan budaya nasional yang patut dijaga kelestariannya. Namun, karena kurangnya perhatian dari pemerintah daerah setempat membuat Istana Maimn tampak tidak diurus.

Istana Maimun merupakan salah satu istana terindah di Indonesia. Tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk mampir dan menikmati keindahan dan kemegahan dari istana yang juga dikenal sebagai salah satu ikon kota Medan. Dengan warna kuning keemasan yang merupakan ciri-ciri kebudayaan melayu menjadikan istana tampak begitu indah dan menyembunyikan sepenggal sejarah yang patut Anda ketahui.


Demikian sedikit ulasan tentang  Istana Maimun yang dapat saya sampaikan kepada Anda semua. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment