Pesona Keindahan Danau Toba


Danau Toba merupakan tempat wisata yang sangat sayang jika dilewatkan. Keindahan danau Toba mampu menarik banyak turis lokal maupun mancanegara. Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yang mempunyai ukuran panjang 100 km dan lebarnya 30 km yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yang oleh warga sekitar dinamakan Pulau Samosir. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Keindahan Danau Toba akan semakin tampak indah jika dilihat dari atas karena jika kita melihatnya dari atas akan tampak semua pemandangan yang sangat indah.

Sejarah terbentuknya Danau Toba

Secara teori, Danau Toba terbentuk setelah terjadinya letusan supervulcano (gunung berapi super) sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Tim peneliti dari Michigan Technological University, yaitu Bill Rose dan Craig Chesner memperkirakan gunung berapi tersebut memuntahkan material vulkanik sekitar 2.800 km3. Kejadian tersebut menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies hewan. Selain itu, letusan gunung tersebut juga menyebabkan zaman es.

Setelah terjadinya letusan tersebut, maka terbentuklah sebuah cekungan yang kemudian terisi oleh air dan kemudian sekarang menjadi Danau Toba. Sedangkan tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menjadi Pulau Samosir.
Sedangkan  asal usul danau Toba menurut legenda, ada seorang petani yang menemukan ikan di sebuah ladang. Anehnya ikan tersebut bisa berbicara dan kemudian menjadi seorang wanita cantik. Kemudian mereka menikah namun ada pantangannya, pernikahan tersebut membuahkan seorang anak. Suatu saat sang ibu tersebut menyuruh anaknya untuk mengantarkan nasi ke sawah untuk ayahnya. Akan tetapi, makanan tersebut dimakannya sendiri. Sang petani yang sedang kelaparan mengetahui hal tersebut menjadi sangat marah dan mengucapkan kata-kata yang merupakan pantangan. Setelah mengucapkan kata-kata tersebut maka sang ibu dan anak tersebut menghilang, bekas jejak kaki tersebut muncul air dan kemudian sekarang dikenal sebagai Danau Toba.

Sarana pariwisata Danau Toba

Pulau Samosir
Merupakan sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah danau Toba dengan panorama alam yang sangat indah

Kolam renang 
Terdapat kolam renang dengan air panas alami

Kuburan Batu
Ada berbagai jenis kuburan batu di danau Toba, yaitu simando, ambarita ( meja batu yang merupakan tempat hukuman tradisional Batak )

Hotel
Ada berbagai macam hotel di Danau Toba yang menawarkan fasilitas yang berbeda sesuai dengan selera Anda.

Demikian sedikit uraian tentang Danau Toba yang bisa saya sampaikan kepada Anda. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment