Keindahan Ombak Di Pantai Sorake


Pantai Sorake merupakan pantai yang terletak di desa Botohilitano yang berada di kecamatan Teluk Dalam, tepatnya di Kabupaten Nias Propinsi Sumatera Utara. Jarak pulau yang bernama pulau Nias ini berada pada sekitar 125 km dari P.Sumatera. Letak Pantai Sorake memang berada agak terpencil, namun pantai tersebut memiliki keindahan yang mengagumkan khususnya bagi para peselancar yang sangat tertantang ketika mendapati sebuah pantai dengan ombak yang cukup dapat memberikan tantangan, karena di pantai Sorake terkenal dengan ombaknya yang dapat dinikmati secara menantang bagi peselancar.
Keindahan Ombak di Pantai Sorake hampir memiliki kesamaan dengan pantai yang terletak tidak jauh dari pantai Sorake yakni Pantai Lagundri, Pantai Sorake ini dikenal oleh peselancara karena ombak yang dimiliki pantai Sorake tergolong besar. Ombak di Pantai Sorake merupakan salah satu ombak terbaik setelah pantai Hawaii. Ketinggian ombak di pantai Sorake mencapai 3-5 Meter tingginya yang mana dengan ombak yang setinggi itu menjadi tantangan bagi para peselancar. Selain itu, ombak di pantai Sorake memiliki 5 level yang mana tidak terdapat di pantai-pantai yang lainnya.
Di pantai Sorake para peselancar dapat berselancar dengan jangkauan 200 meter jauhnya, karena ombak yang terdapat di pantai Sorake memiliki karakteristik besar dan panjang, hal itu dikarenakan pantai sorake langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Keistimewaan lain yang dimiliki pantai ini yakni ombaknya tetap stabil meskipun arah mata angin berubah-ubah atau air laut mengalami pasang surut, ombak tersebut 
tetap tergolong besar.

Jangan membayangkan untuk bermain pasir seperti pasir putih yang terdapat di pantai lain, karena tepian pantai ini merupakan batu-batu karang yang berserakan disana sini. Akan tetapi karena batu-batu itulah yang membuat ombak di pantai ini tergolong besar. Selain itu di Pantai Sorake ini telah terkenal di seluruh penjuru dunia yang mana sering diadakan kejuaraan internasional bagi peselancar-peselancar professional.

Bila anda ingin berkunjung ke Pantai Sorake, lebih baik berkunjung antara bulan Juni dan Juli, karena pada bulan tersebut ombak di pantai ini sedang berada pada titik maksimal. Dan untuk menuju ke pantai Sorake dapat ditempuh melalui jalur udara yang berlokasi di Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Nias dan dilanjutkan melalui jalur darat ke Teluk Dalam yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Selain itu dapat juga ditempuh melalui jalur laut dengan menaiki kapal fery dari pelabuhan kota sibolga ke dermaga kapal yang berada di Gunung Sitoli dengan waktu tempuh sekitar 12 jam, selanjutnya harus perjalanan darat ke Teluk Dalam.

0 comments:

Post a Comment