Pesona Alam Pantai Lagundri


Pantai Lagundri merupakan salah satu pantai yang terdapat di Indonesia yang cocok bagi penggemar peselancar air atau surfing selain Pantai Sorake yang merupakan pantai yang terletak tidak jauh dari Pantai Lagundri. Pantai Lagundri terletak di sebuah laguna yang mana berdekatan dengan Pantai Sorake yang hanya memiliki jarak sekitar 13 km ke arah selatan Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan yang berada di Sumatera Utara, sedangkan jarak antara Pantai Sorake dengan Pantai Lagundri hanya 2 km.

Pantai Lagundri memiliki daya tarik tersendiri yakni pada ombaknya yang tergolong besar sehingga memberikan tantangan bagi para peselancar lokal maupun mancanegara. Ombak di Pantai Lagundri dapat mencapai ketinggian hingga 7-10 meter dengan 5 level berbeda dan memiliki panjang dengan jangkauan 200 meter. Yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Lagundri yakni ketika bulan purnama yang mana ombak pada saat bulan purnama sangat ekstrem sehingga menjadi idaman para peselancar.
Tidak kalah dengan pantai Sorake, pantai ini juga sering kali diadakan kejuaraan selancar air mulai dari tingkat nasional hingga internasional, salah satu kejuaraan yang pernah diadakan di Pantai lagundri yakni “Nias Open” yang mana didominasi oleh surfer asal Australia. Selain ombak yang terdapat di Pantai Lagundri sangat terkenal, pemandangan alam di sekitar pantai Lagundri juga memberikan daya tarik yang akan membuat mata kita cerah ketika menjelanng petang dengan pemandangan langit dengan warna kemerahan di sebelah barat dipadu dengan ombak yang mendukung keindahan pantai lagundri semakin mengesankan dan cocok bagi anda yang memiliki hobi fotografi.

Biasanya para wisatawan mengunjungi Pantai Lagundri pada antara bulan April hingga September, dikarenakan sekitar bulan-bulan tersebut ombak di Pantai Lagundri berada pada titik maksimal. Selain itu, di sekitar pantai Lagundri juga disediakan tempat penginapan yang terletak di bibir pantai ini dengan tarif sekitar ≥ ­Rp 80.000/malam. Bila anda ingin menginap di hotel juga tersedia Sorake Beach Hotel.
Untuk menuju ke lokasi Pantai Lagundri, dari Gunung Sitoli ke Pantai Sorake dan Pantai Lagundri tersedia dua jalur, yang pertama melalui Lahewa diteruskan ke Pulau Nias hingga menuju Teluk Dalam dan yang kedua dengan menyusuri kota-kota atau kecamatan seperti misalnya Bawolato, Idanogawo, Gido, dan Lahusa dengan waktu tempuh ± 3 jam.

Bagi yang hobi foto-foto atau fotografi, jangan lupa untuk membawa kamera dengan teropong lensa binocular untuk mengabadikan moment para peselancar dalam menaklukkan ombak yang dahsyat.

0 comments:

Post a Comment