Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah sebuah kawasan wisata yang bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Dibangun di area seluas 150 hektar, taman ini merupakan miniatur kebudayaan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang meliputi 26 provinsi.

Di dalam TMII terdapat berbagai macam replika jenis jenis kebudayaan di Indonesia, mulai rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional dari setiap daerah dll. Miniatur kepulauan Indonesia juga ada di dalam TMII. Dengan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola membuat TMII menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan dan wajib dikunjungi jika berada di Jakarta.

Sejarah pembangunan Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah dibangun atas ide dari negara yaitu Ibu Tien Soeharto, yang beranggapan bahwa dengan melalui miniatur kebudayaan bangsa maka akan menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air. 
Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah dimulai pada tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Setelah diresmikan, taman ini menjadi tujuan wisata utama para wisatawan lokal maupun mancanegara. Terutama jika Anda berada di Jakarta akan tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.

Bangunan di Area Taman Mini Indonesia Indah antara lain :
Bangunan Keagamaan
- Masjid Pangeran Diponegoro
- Gereja Khatolik Santa Catharina
- Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
- Wihara Arya Dwipa Arama
- Pura Penataran Agung Kertabhumi
Taman
- Taman Anggrek
- Taman Apotek Hidup
- Taman Kaktus
- Taman Melati
- Taman Bunga Keong Emas
- Akuarium Ikan Air Tawar
- Taman Bekisar
- Taman Burung
- Taman Ria Atmaja Park, panggung pagelaran musik
- Taman Budaya Tionghoa Indonesia
Fasilitas Rekreasi
- Istana Anak-anak Indonesia
- Taman Ria Atmaja
- Kolam Renang Snow Bay
- Perahu Angsa Arsipel Indonesia, dll
Masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola kepada para pengunjung yang akan membuat para pengunjung merasa puas dan betah. Oleh karena itu, Taman Mini Indonesia Indah sangatlah cocok untuk liburan keluarga serta sebagai sarana pendidikan bagi putera-puteri Anda.

0 comments:

Post a Comment