Keindahan Alam Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah sebuah danau kawah yang sangat luas dengan pemandangan alam vulkanik yang sangat indah. Danau ini membentang di dua kabupaten yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Danau Singkarak mempunyai luas 107,8 km2. Dengan ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut, panjang 20 km, lebar 6,5 km dan kedalaman 268 meter. Dengan luas dan pemandangan alam yang menakjubkan, membuat danau Singkarak menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Danau ini juga digunakan untuk menggerakkan generator PLTU Singkarak.
Di danau Singkarak juga dikenal akan ikan Bilihnya, yang merupakan spesies ikan yang diperkirakan hanya ada di danau ini. Ikan Bilih juga merupakan makanan khas dari danau Singkarak yang jarang ditemui di tempat wisata lainnya.

Jika Anda ingin berlibur, tidak ada salahnya jika Danau Singkarak  menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Dengan pemandangan alam yang menakjubkan, dijamin membuat anda betah unuk berlama-lama disana.

Sejarah terbentuknya Danau Singkarak

Menurut legenda masyarakat sekitar, dahulu kala hiduplah keluarga miskin yang menghidupi keluarganya dengan mencari ikan di laut dan mencari umbi-umbian di hutan. Keluarga tersebut mempunyai seorang anak bernama Indra yang sangat patuh kepada orangtuanya. Suatu ketika, saat musim paceklik membuat orangtua tersebut menjadi malas pergi ke laut untuk mencari ikan sehingga mereka hanya makan umbi setiap harinya.
Meskipun keadaannya demikian, namun indra makan banyak sekali yang membuat geram orangtuanya. Kemudian disuruhnya Indra pergi ke laut untuk menangkap ikan. Namun, beberapa hari Indra pulang dengan tangan hampa. Disisi lain, pada waktu Indra menangkap ikan di laut, secara sembunyi-sembunyi orangatuanya makan enek-enak di rumah dan disaat Indra pulang mereka bersandiwara bahwa tidak terjadi apa-apa di rumah.

Suatu ketika Indra memergoki orangtua makan-makan besar tanpa mengajak Indra. Melihat kejadian tersebut membuat Indra sangat marah dan berniat meninggalkan rumah. Akhirnya Indra pun pergi meninggalkan rumah bersama ayam jantan kesayangannya yang bernama si Taduang. Dengan berpengangan pada kaki si Taduang, mereka berusaha terbang meninggalkan kampung. Anehnya, batu tempat Indra duduk juga ikut terangkat dan semakin ke atas semakin besar. Akhirnya si Taduang sudah tidak kuat menahan beban yang sangat berat tersebut. Melihat hal tersebut, Indra menghentakkan kakinya untuk melepas batu tersebut. Batu tersebut akhirnya jatuh melesat ke bumi dan menghantam bukit di tengah lautan. Hantaman tersebut membentuk sebuah aliran panjang yang dikenal dengan nama sungai Batang Ombilin. Semakin hari aliran sungai tersebut menyusut dan membentuk sebuah danau yang saat ini dikenal sebagai Danau Singkarak.

Akomodasi dan fasilitas Danau Singkarak

Disekililing danau Singkarak terdapat penginapan dan wisma. Selain itu di sepanjang danau tersebut berjajar ruah makan dan restoran yang menyajikan berbagai menu yang pastinya akan memanjakan lidah Anda.

Demikian sedikit uraian yang dapat saya sampaikan tentang Danau Singkarak kepad Anda semua. Semoga sedikit uraian ini dapat membantu Anda untuk memilih tempat wisata yang sangat indah. Terima kasih.

1 comments:

  1. danau singkarak adalah bekas gunung simalayak,
    gunung yang pernah menjulang puluhan ribu tahun yang lalu,
    sebuah cerita dongeng dari landasan sejarah tidaklah baik

    ReplyDelete