Situs Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan sebuah candi Budha tertua yang ada di Sumatera. Terletak di desa Muara Takus kecamatan Koto, kabupaten Kampar, Riau-Indonesia. Candi Muara Takus merupakan satu-satu peningggalan sejarah di Riau yang berbentuk candi. Diperkirakan candi ini dibangun pada masa kerajaaan Sriwijaya.

Candi Muara Takus dibuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Bangunan utama kompleks candi ini adalah sebuah stupa yang besar. yaitu berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan sebagian kecil batu pasir kuning. Bangunan stupa candi Muara Takus sangatlah unik. Hal ini dikarenakan arsitektur candi ini tidak ditemukan di tempat lain di Indonesia namun lebih mirip dengan stupa candi di Myanmar, Vietnam, Sri Langka dan India. Situs candi ini dikelilingi oleh bangunan tembok berukuran 74x74 meter yang terbuat dari batu putih setinggi 80 cm. Di dalam situs Candi Muara Takus ini terdapat bangunan candi yang disebut dengan Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai serta Palangka.

Sejarah berdirinya Candi Muara Takus

Desa Muara Takus merupakan tempat persinggahan pedagang-pedagang mancanegara pada masa kerajaan Sriwijaya. Sebagian besar pedagang berasal dari negeri Cina dan India yang sebagian besar beragama Hindhu dan Budha. Pertemuan antarbudaya ini membuahkan sebuah kebudayaan baru pada saat itu. Selain itu, para pedagang dan pelaut membutuhkan tempat ibadah untuk beribadah. 
Oleh karena itu, akhirnya dibangunlah sebuah candi Budha di desa Muara Takus yang kemudian dinamakan Candi Muara Takus sebagai tempat ibadah. Arsitek candi itu sendiri sangat berbeda dengan kebanyakan candi yang ada di Jawa dan lebih menyerupai candi yang ada di Myanmar, Vietnam, Sri Langka dan India.

Candi Muara Takus merupakan sebuah obyek wisata yang sangatlah sayang jika Anda melewatkannya saat Anda berkunjung ke Riau. Barisan pepohonan yang berdiri tegak di sepanjang jalan menuju kompleks menambah keindahan candi ini. Desain arsitektur yang jarang Anda temui di Jawa  membuat candi ini sangat unik dan merupakan satu-satunya peninggalan sejarah di Riau yang berupa candi.

Sekian sedikit ulasan tentang Candi Muara Takus yang dapat saya sampaikan kepada Anda semua. Sempatkanlah mampir ke situs candi ini, karena pengalaman yang berbeda sedang menanti Anda.

0 comments:

Post a Comment